October 05, 2019

Hukum Cium Tangan

Hukum Cium Tangan
Bagaimana hukum mencium tangan orang yang kita hormati? Seperti orang tua, guru, kyai, ulama, pejabat, dll? Apakah termasuk perbuatan syirik seperti anggapan orang Wahabi Salafi? Ataukah dibolehkan dengan catatan dan syarat tertentu? Bagaimana pandangan ulama Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja)?

HUKUM MENCIUM TANGAN ULAMA DAN ORANG TUA

Hukumnya boleh mencium tangan kedua orang tua, para ulama dan orang soleh berdasarkan beberapa hadis, atsar Sahabat dan pendapat para ulama salaf berikut:

1. Hadits riwayat Abu Bakar bin Al-Muqri dalam bab "Mencium Tangan", hlm. 58. Menurut Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fathul Bari 11/57 sanad hadis ini kuat dan baik. Isi hadits:

عن أسامة بن شريك قال: "قمنا إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقبَّلنا يده
Artinya: Kami berdiri di depan Nabi lalu mencium tangan beliau.

2. Hadits riwayat Baihaqi dalam Al-Sunan Al-Kubro hlm. 7/101 dengan sanad dari Tamim bin Salamah. Teks hadits:

لَمَّا قَدِمَ عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ الشَّامَ اسْتَقْبَلَهُ أَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، فَقَبَّلَ يَدَهُ، ثُمَّ خَلَوْا يَبْكِيَانِ". قَالَ: فَكَانَ يَقُولُ تَمِيمٌ: "تَقْبِيلُ الْيَدِ سُنَّةٌ
Artinya: Ketika Umar bin Khattab datang ke Syam (sekarang Suriah), ia disambut oleh Ubaidah bin Al-Jarrah. Al-Jarrah lalu mencium tangan Umar dan keduanya sama-sama menangis. Tamim berkata: Mencium tangan adalah sunnah.

3. Hadits riwayat Ahmad, Tirmidzi, Nasai dan lainnya. Tirmidzi mensahihkan hadis ini dari Sofwan bin Assal. Teks hadits:

قال يهودي لصاحبه: قم بنا إلى هذا النبي، فأتيا رسول الله صلى الله عليه وسلم، فسألا عن تسع آيات بينات، فذكر الحديث... إلى قوله: فقبلا يده ورجله، وقالا: نشهد أنك نبي الله
Artinya: .. Kedua orang Yahudi itu mencium tangan dan kaki Nabi dan berkata; Kami bersaksi bahwa engkau adalah Nabi Allah.

4. Hadits riwayat Abu Daud

عن أم أبان بنت الوازع بن زارع، عن جدها زارع وكان في وفد عبد القيس، قال: (فجعلنا نتبادر من رواحلنا فنقبل يد رسول الله صلى الله عليه وسلم ورجله
5. Hadits riwayat Baihaqi

ثم جاء منذر الأشج حتى أخذ بيد رسول الله صلى الله عليه وسلم فقبلها، وهو سيد الوفد
6. Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, 11/48

أن أبا لبابة، وكعب بن مالك، وصاحبيه، قبلوا يد النبي صلى الله عليه وسلم حين تاب الله عليهم
7. Hadits (atsar) riwayat Tabrani, Baihaqi, Hakim dari Al-Sya'bi:

أن زيد بن ثابت صلى على جنازة فَقُرِّبتْ إليه بغلتهُ ليركبها فجاء عبد الله بن عباس رضي الله عنهما، فأخذ بركابه، فقال زيد بن ثابت: خلِّ عنها يا ابن عم رسول الله صلى الله عليه وسلم. فقال ابن عباس: هكذا أُمِرْنا أن نفعلَ بالعلماء والكبراء، فقبَّل زيد بن ثابت يد عبد الله وقال: هكذا أمِرنا أن نفعل بأهل بيت رسول الله صلى الله عليه وسلم
Artinya: … Zaid bin Tsabit mencium tangan Abdullah bin Abbas lalu berkata: Demikianlah kami diprintahkan untuk bersikap pada Ahli Bait Rasulullah.

8. Hadits riwayat Bukhari dari Abdurrohman bin Razzin

أخرج لنا سلمة بن الأكوع كفاً له ضخمة كأنها كف بعير فقمنا إليها فقبلناها
9. Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, 11/48

وعن ثابت: (أنه قبل يد أنس) وأخرج أيضاً: (أن علياً قبل يد العباس ورجله). وأخرج من طريق أبي مالك الأشجعي: (قلت لابن أبي أوفى: ناولني يدك التي بايعتَ بها رسولَ الله صلى الله عليه وسلم، فناولَنيها، فقبلتُها
Artinya: Tsabit mencium tangan Anas … Ali mencium tangan dan kaki Al-Abbas..

10. Ibnu Katsir dalam Al-Bidayah wal Hidayah, 7/55

في فتح بيت المقدس على يد عمر بن الخطاب رضي الله عنه بعد كلام...: ( فلما وصل عمر بن الخطاب إلى الشام تلقاه أبو عبيدة ورؤوس الأمراء، كخالد بن الوليد ويزيد بن أبي سفيان، فترجَّل أبو عبيدة وترجَّل عمر، فأشار أبو عبيدة ليقبل يد عمر، فهمَّ عمر بتقبيل رِجل أبي عبيدة فكف أبو عبيدة، فكف عمر.
Artinya: … Saat Umar bertemu Abu Ubaidah keduanya sama-sama berjalan kaki.. Abu Ubaidah hendak mencium tangan Umar, sedang Umar ingin mencium kaki Abu Ubaidah.. lalu keduanya saling mencegah..

11. Muhammad Al-Safarini dalam Ghada' Al-Albab Syarah Mandzumat Al-Adab, 1/287

وفي الآداب الكبرى: وتباح المعانقة وتقبيل اليد والرأس تديّناً وتكرّماً واحتراماً مع أمن الشهوة
Artinya: Boleh berpelukan dan menicum tangan dan kepala karena memuliakan asalkan aman dari syahwat.

12. Ibnul Jauzi berkata (sebagaimana dikutip oleh Al-Safarini dalam Ghada' Al-Albab Syarah Mandzumat Al-Adab, 1/287)

ينبغي للطالب أن يبالغ في التواضع للعالم ويذل له، قال: ومن التواضع تقبيل يده. وَقبَّل سفيانُ بن عيينة والفضيلُ بن عياض أحدهما يد الحسين بن علي الجعفي، والآخر رِجْلَه
Artinya: Pelajar atau santri hendaknya meninggikan sikap hormat pada orang alim dan merendahkan diri padanya. Termasuk tanda tawadhu adalah mencium tangannya. ..


HUKUM MENCIUM TANGAN PEJABAT DAN HARTAWAN

Mencium tangan pejabat, orang kaya atau artis hukumnya makruh.

1. Imam Nawawi dalam Al-Majmuk Syarah Muhadzab hlm. 4/636 berkata:

يُستحب تقبيل يد الرجل الصالح، والزاهد، والعالم، ونحوهم من أهل الآخرة وأما تقبيل يده لغناه ودنياه وشوكته ووجاهته عند أهل الدنيا بالدنيا ونحو ذلك فمكروه شديد الكراهة
Artinya: Sunnah mencium tangan laki-laki soleh, orang zuhud, orang alim dan ahli akhirat lain. Adapun mencium tangan orang karena harta dan status duniawinya.. maka hukumnya sangat makruh.

2. Abul Ma'ali dalam Syarhul Hidayah (sebagaimana dikutip oleh Al-Safarini dalam Ghada' Al-Albab Syarah Mandzumat Al-Adab, 1/287)

أما تقبيل يد العالم والكريم لرفده فجائز؛ وأما أن تُقَبَّلَ يده لغناه، فقد روي: "من تواضع لغني لغناه فقد ذهب ثلثا دينه"، وقد علمت أن الصحابة قَبَّلوا يد المصطفى صلى الله عليه وسلم، كما في حديث ابن عمر رضي الله عنهما عند قدومهم من غزوة مؤتة
Artinya: … Adapun mencium tangan seseorang karena hartanya maka diriwayatkan: “Barangsiapa tawadhuk pada orang kaya karena hartanya maka hilanglah sepertiga agamanya.” …


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.