November 24, 2019

Doa Setelah Adzan Dan Iqomah

Doa Setelah Adzan Dan Iqomah
DOA SETELAH ADZAN DAN IQOMAH

1. Pak ustadz, apakah doa setelah azan hanya ada 1 ? Apakah ada doa yang lainnya ?

2. Apa doa setelah azan dan iqomah itu sama atau berbeda ?

JAWABAN

1. Ya, hanya ada satu. Doa setelah adzan adalah sbb:

اللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Artinya : “Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi.

Tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. Wahai dzat yang Maha Penyayang”

Doa di atas berdasarkan pada hadis sahih riwayat Bukhari sbb:

وَعنْ جابرٍ رضَي اللَّه عنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ : « من قَال حِين يسْمعُ النِّداءَ : اللَّهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعوةِ التَّامَّةِ ، والصَّلاةِ الْقَائِمةِ، آت مُحَمَّداً الْوسِيلَةَ ، والْفَضَيِلَة، وابْعثْهُ مقَامًا محْمُوداً الَّذي وعَدْتَه ، حلَّتْ لَهُ شَفَاعتي يوْم الْقِيامِة » رواه البخاري

Artinya: Dari Jabir, Rasulullah bersabdas: Barangsiapa berdoa ketika mendengar adzan dengan doa "Allahumma dst" maka ia akan mendapat syafaatku kelak di hari kiamat.

2. Doa setelah iqomah berbeda dengan setelah adzan. Doanya sbb:
Doa Setelah Iqomah

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Artinya: “Semoga Allah mendirikannya (shalat) dan mengekalkannya selama langit dan bumi masih ada.”

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.