September 24, 2019

Jodoh: Orang Tua Tidak Setuju Karena Tak Sepadan Pendidikan Dan Ekonomi

JODOH: ORANG TUA TIDAK SETUJU KARENA TAK SEPADAN PENDIDIKAN DAN EKONOMI

Assalamualaikum wr.wb
Ustadz, namaku wanita. aku hijrahnya belum lama. 1 bulan setelah aku hijrah, ada laki-laki sholeh dan taat beribadah dya melamar aku katanya pengen nikah sama aku karena dya gak kepengen pacaran. Dan berkat petunjuk Allah swt melalui istikhoroh q trima lamarannya.

Usia aku sekarang 23 tahun, calon aku 27 tahun sekarang. Terus dya datang kerumah buat ngomong langsung ke orang tua aku. Bahwa dya betul-betul serius mau nikah sama aku. Sebelumnya aku sama calon aku sudah punya rencana mau nikah di KUA saja. Karena kami gak mau ngerepotin orang tua kami. Dan berhubung karena nikah di KUA kan gratis. Tapi ayah menolaknya dengan alasan karena dya belum selesai S1, semntara aku sudah selesai study S1. Alasan ayah yang lain hanya karena status sosial (kurang mampu).

Mohon solusinya ustadz, kami punya niat nekat tetap mau nikah di KUA meski tanpa restu orang tuaq. Kami gak kepengen lama-lama. Trima kasih...

JAWABAN

Kalau ayah anda mensyaratkan lulus S1, sebaiknya segera dipenuhi syaratnya kalau bisa. Karena itu bukan syarat yang terlalu berat.

Namun, kalau itu membutuhkan waktu terlalu lama sedangkan anda berdua sudah ingin segera cepat menikah karena kuatir terjadi zina, maka menikah tanpa restu orang tua dibolehkan dalam agama demi menghindari yang lebih besar (dosa zina). Baca detail: Batasan Taat Dan Durhaka Pada Orang Tua

Dengan demikian, maka anda berdua menikahnya memakawi wali hakim. Baca detail: Menikah dengan Wali Hakim

Namun demikian, sepadan dalam pernikahan itu merupakan sesuatu yang juga dipertimbangkan dalam syariat Islam. Artinya, kesepadanan antara suami istri itu merupakan hal yang juga penting. Baca detail: Sepadan dalam Pernikahan

HASIL ISTIKHARAH JODOH TIDAK SESUAI HARAPAN

Assalamualaikum
Nama saya Anggri Yudha prasetya
Saya ingin bertanya
Kalau misalnya kita didalam posisi ingin meminang seseorang, tetapi kondisinya ternyta si gadis dalam dua pilihan. Dan kemudian si gadis beriistigharah dan jawabannya bukan saya. Apakah saya harus membatalkan dan mundur langsung sedangkan pernikahan mereka masih terlampau lama? Apakah jawaban dari istigharah bsa berubah.
Wassalamualaikum mohon jawabannya

JAWABAN

Tidak perlu terlalu mengandalkan istikharah. Istikharah hanyalah salah satu cara mencari solusi, bukan satu-satunya. Dan hasil istikharah tidak harus diikuti. Baca detail: Shalat Istikharah

Pada akhirnya, yg terpenting bagi si wanita adalah mana di antara dua pria yg menurut dia lebih baik dari berbagai sisi pandang. Baca detail: Cara Mendapat Jodoh

Anda juga tidak perlu mengandalkan pilihan pada satu orang wanita. Itu tidak baik bagi anda dan daya tawar anda. Sebaiknya pikirkan juga untuk mencari alternatif jodoh yang lain. Baca juga: Cara Memilih Jodoh

HUBUNGAN INTIM SEBELUM MANDI SUCI DARI HAID

Assalamualaikum Wrwb ustad. Izin bertanya, bagaimana hukumnya jika berhubungan setelah diperkirakan bersih darah haid namun belum mandi suci? Dan
Apabila terlanjur dilakukan tanpa mengetahui hukumnya sebelumnya, apakah yang harus dilakukan sebagai upaya bertaubat

JAWABAN

1. Hukumnya haram melakukan hubungan suami istri bagi wanita haid sebelum mandi junub. Baca detail: Wanita Haid

2. Segera bertaubat dengan menyesali diri dan berjanji tidak mengulangi di masa depan. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

AGAR CEPAT DAPAT JODOH

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan saya dari Jawa Barat.

Ingin bertanya mengenai jodoh.
Apakah ada amalan untuk mendatangkan jodoh? Karena sudah tinggal 2th lagi usia genap 30th dan sampai saat ini belum juga datang jodohnya.
Yg ada saya akan dilangkah oleh adik dalam perihal pernikahan. Dan apakah mitos masyarakat mengenai melangkah kakak dalam pernikahan akan mendatangkan bala bencana untuk sang kakak yg akan membuat jodoh sang kakak jadi sulit.

Syukron katsiro.

Wassalam

JAWABAN

Untuk mudah mendapat jodoh, baca doa berikut setiap selesai shalat fardhu dan shalat tahajud: Doa Agar Disayang

Mitos tersebut tidak benar. Anda persilahkan adik anda mendapat jodoh dan menikah lebih dahulu. Anda tidak perlu merasa takut. InsyaAllah akan datang jodoh untuk anda.

Namun demikian, harus disadari bahwa jodoh itu tidak datang secara otomatis. Harus diusahakan. Ada beberapa cara untuk mencapainya:
a) Meminta bantuan teman-teman wanita anda untuk mencarikan jodoh untuk anda.
b) Meminta bantuan orang tua anda untuk mencarikan jodoh.
c) Meminta bantuan teman kerja atau teman sekolah untuk mencarikan jodoh.
c) Melakukan pendekatan secara langsung dengan calon jodoh (para lelaki) secara elegan dengan cara memperbanyak aktivitas yang memungkinkan anda dapat bertemu dengan mereka. Misalnya, aktif di organisasi, di majelis taklim, kegiatan arisan ibu-ibu, dll.
Baca juga: Cara Memilih Jodoh

PACAR SUSAH MELUPAKAN MANTAN

Assalamualaikum. Jadi seperti ini awal mulanya.
Saya mempunyai kekasih yang belum bisa melupakan mantan kekasih nya yang sudah berpisah kurang lebih 2tahun.
Sekarang sudah menjalani hubungan dengan saya selama 1 tahun. Setiap kali bertengkar selalu membawa emosi dan membandingkan saya dengan mantan nya.

Dia sangat susah diajak sholat & puasa. Pernah saya ajak sholat tetapi malah bertengkar. Saya sudah berusaha melaksanakan sholat dgn harapan dia akan mengikuti untuk sholat. Tapi ternyata tidak.
Yang ingin saya tanyakan :
1. bagaimana agar pikiran pacar saya terbuka dan kembali normal?
2. Apakah pacar saya perlu untuk di ruqyah?

JAWABAN

1. Pertama perlu diketahui bahwa berpacaran secara fisikal sampai berduaan hukumnya haram dalam Islam. Baca detail: Hukum Kholwat

Kalau ini yang terjadi, maka segeralah bertaubat nasuha dengan tidak mengulangi hal ini lagi. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

Kedua, kita tidak bisa mengatur dan mengontrol fikiran orang lain untuk melupakan masa lalunya. Yang terpenting adalah anda bisa mengontrol diri anda sendiri dengan cara bersikap sebaik mungkin. Ini cara yang akan membuat orang lain simpati dan suka pada anda. Termasuk pacar anda itu. Itu akan membuat dia akan melupakan masa lalunya.

2. Tidak perlu diruqyah. Itu masalah psikologis biasa: bahwa ketika dia tidak menemukan hal baik dengan seseorang, maka dia akan cenderung mengingat sosok masa lalu yang lebih baik.

Namun kami sarankan sekali lagi, agar anda apabila serius dengannya supaya segera mengikatkan diri dalam bentuk pernikahan.

Apabila merasa kurang cocok, segera putuskan dan cari calon pasangan yang lain. Baca detail: Cara Mendapat Jodoh

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.