September 24, 2019

Nikah Siri Tanpa Wali Ayah

NIKAH SIRI TANPA WALI AYAH

Assallamualaikum pak ustad. Mhon bimbingannya. Saya berusia 25th, dan saya ingin mnikah siri dg pcar saya dengn tujuan niat menghindari zina pa. Ustad. Kami takut kalau pcrn smakin lma mlah keblabasen. Smentra kalau nikah resmi blm ada dana, karna pihak ortu blm siap ada hajatan.

Bgaimana hukum nikah siri tanpa wali mempelai wanita karena sdh meninggal. Apakah sah?
Terimakasih pak ustad.
Waalaikumsalam.

JAWABAN

Nikah tanpa wali ayah bisa sah asal dinikahkan oleh wali nikah yang lain dari kerabat mempelai wanita yaitu:
1 - Ayah kandung
2 - Kakek, atau ayah dari ayah
3 - Saudara se-ayah dan se-ibu (saudara kandung)
4 - Saudara se-ayah saja
5 - Anak laki-laki dari saudara yang se-ayah dan se-ibu
6 - Anak laki-laki dari saudara yang se-ayah saja
7 - Saudara laki-laki ayah
8 - Anak laki-laki dari saudara laki-laki ayah
Baca detail: Pernikahan Islam

Kalau wali di atas tidak setuju, bisa juga anda berdua meminta wali hakim untuk menikahkan. Wali hakim bisa saja berupa pegawai PPN desa/kelurahan atau ustadz. Baca detail: Menikah dengan Wali Hakim

CALON SAMA-SAMA PUNYA MASA LALU BURUK

assalamualaikum ustad
saya ingin bertanya, saya adalah orang yang pernah melakukan dosa besar dimasa lalu saya, saat ini saya sedang dekat dengan seseorang, dan orang tsb juga pernah mempunyai masa lalu yang buruk, namun sampai detik ini saya masih ragu apakah dia benar-benar menerima keadaan saya lahir dan batin atau tidak, walaupun dia sering kali berkata kita sama" berjalan lurus dan lupakan masa lalu kita masing-masing, apa yang harus saya lakukan ustad ?
terimakasih wassalamualaikum

JAWABAN

Bisa saja hubungan itu diteruskan ke pernikahan asalkan:
a) Anda harus jaga diri agar tidak terjadi perzinahan dengannya. Bahkan sebisa mungkin hubungan fisik selain zina juga dihindari karena itu juga haram. Banyak lelaki pura-pura menerima sebagai modus untuk menzinahi wanita. Baca detail: Hukum Kholwat

b) Perhatikan betul karakternya: apakah sabar, agamis dan pekerja keras. Apabila dia memiliki ini, maka dia pria yang baik. Silahkan dilanjutkan ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Baca juga: Cara Memilih Jodoh

NADZAR AKAN MENCERAIKAN SUAMI

Assalamualaikum.......
Maaf mengganggu waktunya...begini ada yang ingin saya tanyakan apa hukumnya Bernadzar jika semua hutang telah lunas akan meminta cerai pada suami?????
Saya bernadzar seperti itu dikarenakan dulu saya kesal,marah,dan jengkel kepada suami saya yang sudah membohongi dan mengecewakan saya.
Tapi sekarang alhamdulilah suami saya sudah mulai sedikit berubah sehingga sekarang saya menyesal telah bernadzar seperti itu.mohon untuk membantu saya memberikan penjelasannya
Terimakasih......
Wassalamualaikum....

JAWABAN

Nadzar anda tidak sah karena istri tidak bisa menceraikan suami. Yang bisa itu, suami menceraikan istri. Baca detail: Hukum Nadzar

SUMPAH NENEK SAAT MASIH HIDUP

Assalamualaikum Wrb Pak Ustad,


Perkenalkan saya adalah wanita berumur 27 tahun.
saya mempunyai seorang nenek yang ketika dalam hidupnya sangat suka
sekali untuk menyumpahi saya ataupun ibu saya karena satu dan lain
hal, memang untuk nenek saya ini sangat rewel dan ya seperti yang kita tahu
jika sudah tua mungkin seperti itu namun ada satu kejadian pada taun
2014 lalu beliau menyumpahi saya dengan kata-kata yang mungkin tidak
pantas dengan kata-kata seperti ini "gue sumpahin biar lu kaga
laku-laku" serta beberapa sumpah lain yang menyangkut soal jodoh saya
dan keluarga saja. sebenarnya pada saat itu usia saya masih 24 tahun
dan walapun sebenarnya sangat sakit tapi saya berusaha untuk biasa
saja.
Kemudian, Nenek saya ini sudah meninggal sejak taun 2015 lalu.

Hampir 3 taun berlalu sejak nenek saya tiada, saya masih belum
mendapatkan jodoh saya.
saya hanya bisa pasrah kepada Allah SWT dan saya sangat yakin jika
memang suatu saat jika jodoh saya sudah tiba saatnya pun akan datang
kepada saya namun tetap saja namun hati saya masih mengganjal Pak
Ustad, apakah ini berarti sumpah serapah dari Nenek saya masih berlaku
hingga saat ini untuk orang yang masih hidup walapun beliau sudah
meninggal dunia?

sempat beberapa orang dari keluarga saya menyuruh saya mendatangi
makam nenek saya agar meminta maaf dan sebelumnya jadi fitnah di
beberapa keluarga saya jika Hantu Nenek saya mendatangi beberapa
keluarga dan kerabat saya dan disebutkan bahwa saya harus minta maaf ke
makamnya, tentu saja saya sangat marah dengan hal ini karena saya
yakin orang meninggal pun tidak akan hidup kembali dengan menjadi
hantu yang mendatangi yang masih hidup.

Akhirnya setelah banyak pertimbangan saya coba ikuti untuk mendatangi
makam dan berdoa untuk nenek saya dan meminta maaf walapun agak aneh
sebenarnya namun karena niat saya datang untuk ziarah juga dan saya
pun sudah lakukan itu. Ketika salat pun saya tidak lupa mendoakan
beliau.(mohon maaf pak Ustad) bukan maksud saya pamer ya.

Mohon pencerahannya Pak Ustad apakah memang untuk sumpah itu sangat
berpengaruh ya dalam kejadian saya ini? Karena saya sampai saat ini
banyak beberapa keluarga yang memberikan komen negatif tentang sumpah
ini dimana saya pun disebut untuk perawan yang gak laku-laku. Lalu apa
yang harus saya lakukan?

Terima kasih banyak sebelumnya Pak Ustad.

Wassalamualaikum Wrb.

JAWABAN

Kasus anda saat ini, yakni belum dapat jodoh, tidak ada kaitannya dengan sumpah nenek. Banyak wanita yang tidak dapat sumpah apapun juga belum dapat jodoh. Baca detail: Kutukan (Sumpah) dalam Islam

Untuk mendapat jodoh, setidaknya ada dua hal yang bisa dilakukan:
a) Memiliki aktifitas yang memungkinkan anda bertemu dengan banyak pria. Misalnya, di tempat kerja, di acara pengajian ibu-ibu muslimat, dll. Kalau bisa masuk ke dalam ormas khusus wanita seperti Muslimat NU, atau IPPNU atau ormas mahasiswa seperti PMII, HMI, dll.

b) Meminta bantuan orang-orang terdekat anda untuk mencarikan jodoh buat anda. Seperti kerabat (orang tua, saudara), teman kerja, teman organisasi, dll.

Yang tak kalah penting adalah selektif dalam memilih jodoh. Prioritaskan yang berkarakter baik, bukan yang berpenampilan bagus. Karena awet tidaknya rumah tangga akan sangat ditentukan oleh karakter kedua pihak. Tentu saja, karakter anda juga hurus terus diperbaiki.
Baca juga:
- Cara Memilih Jodoh
- Cara Mendapat Jodoh

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.