December 06, 2019

Jodoh: Cara Agar Direstui Ibu Cowok

JODOH: TAK DIRESTUI IBU COWOK

Assalamu'alaikum pak ustadz
Saya mau bertanya , jadi saya dan calon sudah saling datang dan saling perkenalkan ke keluarga masing masing .
Awalnya keluarga pria setuju dengan saya tapi sekarang tiba tiba ibu laki - laki tidak merestui anaknya menikah dengan saya ,
Ketika calon saya meminta ijin dan mendesak ibu nya untuk segera menikah dengan saya, ibu nya malah mengancam akan bunuh diri ,ditanya kenapa tidak merestui ibu nya hanya nangis ,padahal waktu saya datang ke rumah calon di terima dengan baik dan ramah. Tapi mendekati sekarang ingin meresmikan membuat keputusan untuk menikah sang ibu calon malah menolak. Tapi dari bapak calon sih sudah merestui hanya ibu nya yg belum bisa menerima saya , entah karena fisik saya atau dari keluarga saya karena keluarga saya broken home dan ibu saya sakit kanker serviks .
Ijinkan saya bertanya pak ustadz :

1. Dosa kah kalau saya dan pria itu menikah tanpa restu dari ibu pria ?

2. Apakah saya harus mengakhiri hubungan dengan pria tersebut ,sebab tidak di restui ibu nya ?

3. Apakah saya harus meminta ijin kepada ibu nya dan bertanya dimana letak kesalahan saya sehingga saya tidak bisa menikah dengan anak nya ?

4. Menurut pak ustadz ,boleh tidak kita menikah tanpa ijin ibu pria ( wali calon pria) ,Syah kah bila saya tetap menikah tanpa wali dari ibu pria ??
Durhaka atau tidak jika calon saya menikah tanpa restu ibu nya ??

5. Saya dan calon sudah ingin segera menikah ,tapi karna terkendala ibu pria tidak merestui jadi kami tunggu sampai ibu merestui kami ? Dosa kah ibu pria jika kami gagal menikah ?

Terimakasih pak ustadz, mohon pencerahannya dan pendapat pak ustadz .

JAWABAN

1. Tidak dosa. Karena dalam soal jodoh, anak berhak memilih jodohnya sendiri. Baca detail: Batasan Taat Dan Durhaka Pada Orang Tua

2. Itu tergantung pria itu. Pilihan ada di tangan dia: apakah melanjutkan ke pernikahan atau putus hubungan. Yang jelas, jangan sampai hubungan ini berakhir di perzinahan. Karena zina itu dosa besar. Baca detail: Dosa Besar dalam Islam

3. Itu cara yang tidak efektif. Lebih baik anda meminta tolong pada orang yang dikenal baik oleh ibunya pria dan berusaha membujuk si ibu dan memberi penjelasan padanya.

4. Wali nikah itu adalah ayah anda. Pria tidak memerlukan wali nikah.Baca detail: Pernikahan Islam

5. Apabila berakibat berzina, maka lebih baik anda berdua menikah tanpa harus menunggu restu si ibu. Baca detail: Batasan Taat Dan Durhaka Pada Orang Tua

WAKTU PELAKSANAAN WALIMAH PERNIKAHAN

assalamualaikum,
(perempuan umur 27thn)
saya mau bertanya, acara walimahan pernikahan itu di adakan setelah ijab qobul atau sebelum ijab qobul..
saya masih bingung antara itu dan sebaiknya dilaksanakan setelah atau sebelumnya..terimakasih
wassalamualaikum..

JAWABAN

Acara walimah dilakukan setelah ijab qobul dengan tujuan untuk memberitahu kalangan dekat bahwa sudah terjadi pernikahan. dan bahwa kedua mempelai sudah boleh bersanding bersama. Baca detail: Pernikahan Islam

APA TERMASUK TALAK BERSYARAT?

Satu lagi ustadz saya baru inget suami saya dulu pernah bilang gini " sampek pean/bojoq selingkuh tak pateni lanang wedok aq rela di penjara mateni " saya gak tau niatnya dia waktu itu apa cuma nakut nakuti atau apa entah sebelum atau sesudahnya suami bilang gitu saya pernah bbm an sama mantan saya cuman gak sampai ketemu ustadz dan sampai sekarang saya gak berani bilang sama suami karena sekarang kita sama sama berubah dan saya juga gak pernah hubungi mantan lagi .
Apa itu termasuk talak bersyarat? Dan apa jatuh talaknya ustadz??

Ustadz kalo misal katanya gini " gak tak tinggal maneh langsung tak pateni dua dua nya " apa itu sudah jatuh talak ??? Saya lupa kata katanya pak ustadz . Bagaimana menurut pak ustadz kalau lupa sedangkan saya gak berani tanya suami takut bertengkar mungkin suami juga sidah lupa.

JAWABAN

Kedua-duanya tidak termasuk talak bersyarat.

Baca detail: Talak Muallaq (Kondisional)


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.