August 28, 2019

Bolehkah Istri Meminta Cerai?

BOLEHKAH ISTRI MEMINTA CERAI?

Assalamualaikum wa rohmatullahi wa barokatuh.
Saya seorang istri berusia 29th menikah dg suami usia 30 th, kami mempunyai satu orang putri usia 13bulan alhamdulillah. Pernikahan kami sdh berusia 7th.
Saya mau konsultasi mengenai pernikahan kami, apakah masih bisa dipertahankan dalam kacamata agama Islam atau bolehkah sy mengambil keputusan utk meminta cerai ke suami jika kondisinya spt yg akan saya ceritakan dibawah ini.

Saya menikah sudah 7th dg suami.

Flashback 3 thn yg lalu. Sejak awal menikah hingga usia pernikahan 4th, suami sy itu karakternya keras, emosian, dan tdk bersungguh2 dlm mencari nafkah, masih memikirkan utk dirinya sendiri menurut saya. Dan sempat kdrt. Lalu di tahun 2015, suami sakit psikis, yg membuat perasaan takut mati dan lainnya. Kami sudah berobat ke psikiatri dan juga sudah di ruqyah syariah suami begitupun dg sy. Kami akui dahulu kami sangat jauh dr ajaran Islam. Tidak menjalani kewajiban kami sbg muslim, jarang solat. Lalu tahun 2015 setelah berobat, suami minta maaf krn seringkali memukul sy dan lainnya. Sdh sy maafkan. Kami mulai belajar agama sama2, berusaha menjalankan kewajiban2 kami sbg muslim. Akan tetapi saat itu sy belum punya anak, tp suami saat itu tdk mau kerja masih suka sesekali melakukan kekerasan, dan seringkali berkata kasar, seringkali sy menyalahkan diri saya sendiri mungkin suami begitu krn saya yang tidak taat, sy selalu menyalahkan diri saya sendiri. Waktu itu suami belum mau punya anak. Sy gak diizinkan utk kerja keluar utk bantu suami cari nafkah, krn suami tdk mencari nafkah saat itu krn sakit psikis nya itu, dan sy tdk diizinkan mencari nafkah.

Sampai pd akhirnya thn 2016 sy memutuskan utk meninggalkan suami, tanpa izin, krn ketika berdiskusi, sharing, tdk pernah ketemu berujung suami marah2 dan emosi, jd sy mengambil keputusan pergi dr suami tanpa izin, apakah ini termasuk nusyuz jg? Tp sy ada alasan pergi tanpa izin ini, krn sy tau setiap diskusi sy mau pisah, selalu diakhiri dg kekerasan dan amarah, jd sy memutuskan utk pergi diam2.

Lalu saat sy sdh pisah itu, diluar dugaan suami tdk melakukan kekerasan jg tidak marah, tp suami minta maaf sm saya melalui whatsapp, dan minta konsultasi ke ustad setelah kejadian sy pergi dr suami, sy minta waktu 3 bulan utk lihat betul2 apakah suami sungguh2 berubah. Tp suami tdk mau, suami minta waktu hnya 2 minggu sj, tp kami berdiskusi, salah satunya tidak akan menahan2 utk tdk punya anak lg, krn sebelumnya suami selalu blg belum mau punya anak, selama 7th menikah, lalu akan mau mulai bekerja dimana saja, tp mmg bekerja masih di musik sbg sound engineering.

Tdnya hny mau kerja sendiri, tp km terkendala keterbatasan tdk ada modal utk usaha sendiri.akhirnya Awalny mau kerja sm orang, lalu sy jg diizinkan kerja utk membantu suami, krn pekerjaan suami di musik ini penghasilannya belum tetap.

Tp seiring berjalannya waktu, suami sempat mulai pilih2 lg pekerjaan, mmg dijelaskan oleh suami knp2nya, tp pdhl pekerjaan nya masih berhubungan dg bidangnya. Pdhl perjanjian awal suami minta agar mau aja kerja tp di bidangnya suami ini, sy setujui, asalkan mmg niat mencari nafkah, berapapun hasilnya dan tentu halal, walopun musik ini ada perbedaan pendapat ada yg mengharamkan juga. Sambil sy berdoa juga semoga pekerjaan yg berhubungan dg musiknya, musik yg baik, dijauhkan dr kemaksiatan. Tp seiring berjalan waktu, suami mulai pilih2 lg, dg berbagai alasan. Masih sy terima.

Tp semenjak melahirkan anak kami, suami mulai lg menunjukkan sikap2 yg sy sendiri sdh ingin mengakhiri ini, masih suka berkata kasar, hampir mau memukul tp tdk jd, suami tahan krn janji tdk akan pukul sy lg, tp tetap berkata kasar dan teriak2, dan juga merusak barang2 di sekitar, saya berpikir mungkin suami akan lebih mandiri dan lebih baik tanpa saya.

Singkat cerita, suami itu tdk bisa dengar suara tangisan bayi kami, kucing kami, apabila sedang psikisnya kambuh. Ketika sudah mulai stress dengar tangisan bayi, kondisi serigkali kacau. Di satu sisi saya harus menenangkan anak saya, tp di satu sisi suami minta utk ditemani dan dilayani, spt dipijit dan lain2. Tanpa bisa menunggu anak kami tenang. Spt kucing, kalau gak bisa didiemin, emosi suami seringkali memuncak, pdhl sy sering memberi saran kalau mmg tdk mau ngeong2 tdk ush dipelihara, tp malah marah2 balik, ktnya yg bnr itu disuruh diem kucingnya, pdhl sy sdh berusaha mendiamkan, tp yg namanya binatang.

jd sy selalu merasa di kondisi serba salah. Untuk skrg sy ingin brrtanya, berdosakah sy apabila sy memutuskan untuk minta khulu dg suami utk saat ini, krn dg kondisi spt ini, suami mmg sdh tdk pernah memukul lg, tp suami masih sering berkata kasar, dan mengancam. Dan suami sering mengatakan sakit psikis nya. Terakhir berkata akan membunuh saya, walaupun sy tdk tahu apakah mmg serius atau tdk, tp mmg sdg dalam keadaan marah sy lupa marah krn apa, lalu terakhir blg akan melempar asbak ke saya, krn ketika sy akan membuat makanan, lalu suami tanpa sebab bernada lebih tinggi, lalu sy tnyakan knp spt itu, ditanya spt itu langsung emosi dan mengancam saya.

Sy paham sy bukan istri yg sempurna. Jd srringkali permintaan suami, sy minta waktu kalau sy sdg kelelahan, minta pengertian ke suami, tp suami seringkali marah. Spt suami saya itu harus selalu dipijit kalau mau tidur, atau dalam kondisi ingin dipijit, lalu kondisi saya sdg mengasuh anak saya yg usia 13bulan ini, jd ketika sy pijit suami, anak sy menangis terbangun minta susu, lalu sy tenangkan tidur lg, lalu sy lanjut pijit suami, lalu kedua kali anak sy menangis lg, dan sy lanjut menenangkan anak saya, lalu yg kedua kali ini sy ikut trrtidur, saat itu jam 10mlm. Dan suami tdk bangun2kN sy lg

Biasanya jam 1 malam bangunkan saya, utk minta makan, atau ambilkan minum, atau minta buatkan cemilan, kondisi saya plg kerja saat itu jam 7-8mlm br sampai rumah. Lalu set 4 subuh sy trrbangun. Sy sdh izin suami kalau besok saya ada seminar, jd harus pagi2 brgkt, sy mhn pengertiannya sy katakan ke suami. Lalu sampai waktu sy berangkat sy tdk diizinkan pergi, sy harus menemani dan pijit suami spt biasa, sy disalahkan knp malah tidur semalam, itu yg membuat saya merasa bersalah, sy jelaskan sy terlalu lelah. Suami tetap tdk izinkan, akhirnya jam 5 subuh suami mengizinkan sy tp dg syarat sy harus membelikan sesuatu yg memmg suami blum punya dan yg sdg ingin dibeli, jd krn saat itu sy terdesak sekali, krn sy sdh janji dg ibu atasan sy utk dtg lebih pagi, sy dg berat hati pinjam uang bos saya 5jt utk dp utk busur suami sy yg seharga 20jt (sebetulnya suami sdh punya busur lainnya) yg hrga 1jt-1,5 jt total busur yg di punya ad 5 busur. Sewaktu beli busur ini jg selalu kesusahan, dalam arti kondisi keuangan kurang. Krn sy belum bekerja waktu itu. Dan lanjut cerita, krn sy bisa dipinjamkan uang utk dp busur panah, suami tdk marah dan mengizinkan sy brgkt, dgn kondisi sy sdh terlambat janji dg bos saya jg.

Suami jg mengancam akan marah besar, kalau trnyata bangun sy trnyata ttp brgkt dan tdk ada kepastian pinjaman uang itu. Sy dibilang enak2an kerja diluar, sdgkan dia dirumah dg kondisi spt itu. Sy blg enak2an dr mana, siapa yg mau kerja ngorbanin ninggalin anak. Pinginnya jg sy dirumah. Jaga rumah, urus suami dan anak. Tp suami kan maunya kerja dirumah,dan kl ada pekerjaan jg harus selalu brrsyarat dan mengeluh, pdhl pekerjaan nya sdh yg dia mau bidang dia, bekerja di rumah, semua yg suami mau.tpmasih begitu jg.

Dan sayapun niat bekerja utk bantu suami, utk hari2 kami juga utk makan, dan bayar utility utk studio suami yg biaya listriknya tinggi. Semenjak sy kerja pdhl suami mmg sudah mengizinkan dr awal sy kerja. Tp ketika bekerja hampir setiap saat setiap mau brgkt, selalu blg sy ninggalin suami, dan lain2 malah kdgkala sya gablh brgkt sm sekali. Sy sdh blg kl spt itu lebih baik sy gak kerja sm sekali, tp suami maunya sy tetep kerja. Jd sy serba salah. Kl sy kerja sy sdh ada tanggung jawab ke tmpt kerja saya, tp suami selalu me mnyulitkan saya, yg membuat sy jd berdosa kalau sering bantah suami.
Puncaknya akhir2 ini, suami sering berkata kasar.

Untuk diketahui, ketika ada rezeki suami selalu utk kebutuhan busur panahnya, bukan sy tdk support sy sepenuhnya support tp yg sewajarnya. Kalau suami seringkali memaksakan, spt busur panah yg dg harga 20jt, lalu sebelum2nya kami uang ga ada krn sy gak kerja, tp beli busur total sudah ada 5busur panah, krn mmg ada kenaikan spesifikasi. Sy support aja, tp maksud sy step by step, apalagi sy br mulai kerja, tp sulit diskusi dg suami. Dan selalu alasannya utk jihad, dan persiapan menghadapi adukhon, ktnya sy ga dukung suami. Suami selalu beralasan spt itu, yg membuat saya tdk bisa berkata2 lg.ktnyaa sy ga dukung suami cita2 ingin syahid, spy bisa memasukan 73 kelluarganya.. selalu spt itu kalau sdh mengenai beli busur ini. Sy berencana utk pergi dr suami.

Mohon sarannya saya harus bagaimana. Sy ingin pisah, tp sy tkt berdosa. Tp sy jg ingin menjalani hidup yg diridhai Allah Swt, sy selalu menjadi penenang utk pasangan hidup saya. Skrg sy ada anak. Sy seringkali kebingungan kalau suami sdh marah, anak mendengar, kdg suami ga bisa toleransi kl anak sdh nangis. Suami sering berteriak2 ke anak kalau anak kami sdg sulit ditenangkan,sy sempat terbawa spt itu, krn saking kesal sm suami, sy ga bisa marah suami, sy jd marah2 ke anak saya, yg sangat sy sesali, sesudah itu sy minta maaf ke anak sy. Perkara anak tdk bs tenang, tp suami gak sabar sm tangisannya, pdhl sy sdh berusaha menenangkannya.
Mohon maaf sy panjang lebar spt ini.
Semoga bisa membantu saya dalam problematika saya ini.
Fyi. Suami saya sebetulnya ilmu nya sangat luas sekali,lebih paham agama dr saya..itulah sy knp selalu merasa bersalah.
Terima kasih.

JAWABAN

Dalam kasus di atas, maka dibolehkan bagi anda untuk meminta cerai dari suami. Kalau suami tidak memberi ijin, maka anda bisa melakukan gugat cerai ke pengadilan agama. Keputusan hakim menceraikan anda berdua itu sah menurut agama.
Baca detail:
- Istri Minta Cerai karena Tak Cinta
- Hukum Gugat Cerai (Khuluk)
Cerai dan Gugat Cerai dalam Islam

CATATAN:

Tampaknya suami anda mengikuti ajaran Islam radikal dan mengikuti pengajian mereka. Tandanya dia suka beli busur dan ingin jihad dan mati syahid. Hati-hati dengan gerakan Wahabi Salafi. Mungkin suami anda tidak sadar mengikuti ajaran ini. Tapi setidaknya anda harus menghindarinya. Baca detail: Beda Wahabi, HTI, Jamaah Tabligh dan Syiah

Sebagai modal ke depan bagi anda, maka ikuti Islam Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja). Agar anda terhindar dari Islam garis keras, ketahui kriterianya. Baca detail: Kriteria Ahlussunnah Wal Jamaah

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.