August 29, 2019

Hadits Terkait Nur Muhammad, Sahih, Dhaif, Palsu?


HADITS TERKAIT NUR MUHAMMAD, SAHIH ATAU DHAIF ATAU PALSU?

assalamualaikum pak ustadz..

saya pernah ikut pengajian tasawuf. mereka membahas tentang nur muhammad.

sebelumnya saya pernah bertanya tentang hadist nur muhammad dengan seorang ustadz yang katanya adalah hadist palsu menurut para ulama ahli hadist.

hadist nur muhammd itu kan sering dijadikan acuan utama orang tasawuf untuk mengenal Allah.

pertanyaan saya

1.Bagaimana ustadz untuk menyikapi perbedaan ini?
karna orang tasawuf selalu menyalahkan ulama yang mengatakan hadist nur muhammad adalah palsu. karna saya orang awam jadi was-was akan hal ini, karna takut salah.

2.bagaimana cara mengenal Allah dengan benar sesuai al-quran dan hadist sohih?
karna katanya sebelum kita beribadah itu harus mengenal Allah terlebih dahulu.


terima kasih ustadz
wassalamu'alaikum

JAWABAN

1. Kami kurang jelas hadis mana yang anda maksud. Ada beberapa hadis terkait penciptaan Nabi Muhammad sbb:

A. Namun salah satu hadis terkait hal tersebut adalah hadits berikut:

لو لاك ما خلقت الأفلاك

Artinya: Seandainya tanpa engkau, wahai Muhammad, niscaya aku tidak jadikan alam semesta ini.

Berikut status hadits ini menurut para ulama:

Al-Syaukani dalam Al-Fawaid Al-Majmuah fi Al-Ahadits Al-Mauduah, hlm. 326, menyatakan:

قال الصغاني : موضوع

Artinya: Shaghani berkata: (hadis ini) maudhuk (palsu).

B. Hadits lain diriwayatkan oleh Al-Hakim (Al-Mustadrak, hlm. 2/517) dari Ibnu Abbas ia berkata:

أوحى الله إلى عيسى عليه السلام : يا عيسى آمن بمحمد ، وأمر من أدركه من أمتك أن يؤمنوا به ، فلولا محمد ما خلقت آدم ، ولولا محمد ما خلقت الجنة والنار ، ولقد خلقت العرش على الماء فاضطرب فكتبت عليه : لا إله إلا الله محمد رسول الله ، فسكن .

Artinya: Allah mewahyukan pada Nabi Isa. "Wahai Isa, berimanlah pada Muhammad dan perintahkan pada umatmu yang hidup pada zamannya untuk beriman padanya. Seandainya bukan karena Muhammad,niscaya aku tidak menciptakan Nabi Adam. Seandainya bukan karena Muhammad, aku tidak menciptakan surga dan neraka. Aku telah menciptakan Arasy di atas air, lalu ia bergoyang lalu aku tulis di atasnya kalimat: Lailaha illa Allah Muhammad Rasulullah lalu ia menjadi tenang."

Sanad hadits ini berasal dari jalur Amr bin Aus Al-Anshari dari Said bin Abi Arubah dari Qatadah dari Said bin Al-Musayib dari Ibnu Abbas.

Hadits ini menurut Al-Hakim sanadnya sahih, tapi tidak diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim (Al-Mustadrak, hlm. 2/517).

Namun menurut Al-Dzahabi status hadits ini maudhuk (palsu) karena ada perawi bernama Amr bin Aus Al-Anshari yang menurut Al-Dzahabi dalam Mizan Al-I'tidal fi Naqd Al-Rijal: "Tidak diketahui perilakunya dan pernah meriwatkan hadis munkar." Kemudian, terkait hadis di atas, Al-Dzahabi berkata: "Dugaan saya hadits ini mauduk." Pendapat ini disepakati dan diakui oleh Ibnu Hajar Asqalani dalam Lisan Al-Mizan.

Intinya, hadits-hadis terkait hal di atas umumnya dianggap maudhuk. Wallahu a'lam.
Baca detail: Status Hadis Nur Muhammad


TANDA KEMATIAN TELINGA LAYU

Antum , knalin saya L
Apq betul tanda tanda kematian telinga manusia bakalan layu ?

JAWABAN

Tidak betul. Tidak ada tanda kematian kecuali satu: napas dicabut dari raga. Baca detail: Tanda Kematian

HUKUM KERJA DENGAN KTP PALSU

Assalamualaikum,
Saya mau tnya,
Dlu waktu saya mendaftar kerja, persyaratannya adalah 2 tahun domisili untuk pendaftar dari propinsi lain,
Saya kemudian membuat KTP palsu untuk mmenuhi persyaratannya, HUKUM gaji yg saya terima halal atau haram?
Sedangkan sekarang sya sudah membuat KTP baru sesuai prosedur setelah di terima kerja,,

Cttn; cuma KTP yg palsu, lainnya asli

JAWABAN

KTP palsu tidak berpengaruh pada halal dan haramnya kerja. Yang penting dan prinsip adalah: a) jenis pekerjaannya halal; b) anda bekerja dengan baik sesuai perjanjian. Apabila kedua hal ini terpenuhi maka gaji anda halal. Baca detail: Bisnis dalam Islam

SHALAT TAUBAT DAN TAUBAT NASUHA

assalamualaikum

mw tanya pak , niat sholat taubat sama niat sholat taubat nasuha itu sama ga pak?

JAWABAN

Niat shalat taubat, lihat: Shalat Taubat

Adapun taubat nasuha itu bukan shalat, melainkan keinginan kuat dalam diri untuk bertaubat dg cara menyesali dosa yang dilakukan, berjanji tidak mengulangi lagi. Baca detail: Cara Taubat Nasuha

GAJI MENGAJAR PASANG SOFTWARE

Assalamualaikum, ustad saya seorang asisten dosen, saya dapat pekerjaan privat untuk menginstal software bajakan dan mengajarkan cara menggunakan software tersebut. apakah gaji yang saya terima halal dari menginstal dan mengajarkannya?

JAWABAN

Software bajakan hukumnya boleh dengan syarat (a) kita sangat memerlukan perangkat lunak tersebut; (b) tidak mampu membelinya; (c) tidak memperjualbelikannya. Baca detail: Hukum Memakai Software Bajakan

Kalau terpenuhi ketiga unsur itu, maka menginstall software tersebut boleh dan gaji anda juga halal. Baca detail: Hukum Bisnis dengan Non Muslim

HUTANG PADA KELUARGA

Assalammu'alaikum ustadz... perkenalkan saya laki-laki. Saya ingin bertanya, adek saya memijam uang kepada saya untuk membeli bahan - bahan untuk pembuatan kue, lalu saya tanpa saya sadari saya juga ikut merasakan kue tersebut sedangkan uang saya belum diganti. Apakah itu termasuk Riba atau tidak ? Terimakasih

JAWABAN

Tidak termasuk riba kecuali apabila memakan kue itu menjadi syarat saat transaksi hutang. Misalnya, anda berkata padanya: "Aku hutangkan uang 5 juta untuk buat kue, dengan syarat nanti aku diberi kuenya." Ini tidak boleh karena telah mengambil keuntungan dari hutang. Ini disebut riba. Namun, kalau tidak menjadi syarat dalam akad maka tidak apa-apa. Bahkan bagi pihak debitor (yang berhutang) dianjurkan untuk memberikan kelebihan saat membayar hutang. Baca detail: Hutang dalam Islam

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.